Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) merupakan suatu lembaga sertifikasi yang dibentuk oleh asosiasi industri dan profesi untuk melakukan sertifikasi profesi setelah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

LSP mempunyai tugas utama untuk melakukan uji kompetensi dan sertifikasi profesi atas nama BNSP. Sertifikasi profesi adalah seluruh kegiatan yang dilakukan oleh LSP untuk menetapkan bahwa seseorang memenuhi persyaratan kompetensi yang ditetapkan, mencakup permohonan, evaluasi, keputusan sertifikasi, survailen dan sertifikasi ulang.

Dalam hal ini Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) merupakan kepanjangan tangan BNSP yang dalam penerapannya LSP bertanggung jawab kepada BNSP. Berdasarkan Pedoman BNSP 202 Pedoman Pembentukan Pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi, Lembaga Sertifikasi Profesi dapat diklasifikasikan menjadi 4 kategori seperti yang disajikan pada Tabel 1 Klasifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi.

Kepmen No. 96A Tahun 2004 tentang Pedoman Penyiapan Dan Akreditasi Lembaga Sertifikasi Profesi telah menetapkan fungsi LSP sebagai certificator yaitu melaksanakan sertifikasi komptensi dan developer dengan melakukan pemeliharaan serta pengembangan standar kompetensi. Adapun tugas LSP antara lain menyiapkan skema sertifikasi kompetensi, membuat materi uji kompetensi, menyediakan asesor kompetensi, melakukan uji kompetensi, menyusun kualifikasi, memantau kinerja asesor dan TUK, melakukan identifikasi kebutuhan kompetensi industri, mengembangkan standar kompetensi dan melakukan kaji ulang standar kompetensi.

Setelah mengetahui tantangan dan peluang bagi pencari kerja atau karyawan yang ingin meningkatkan kariernya di era industri 4.0 saat ini, tentu Anda tertarik untuk mengikuti sertifikasi profesi atau kompetensi. Untuk mencari informasi mengenai sertifikasi kompetensi, Anda dapat mencari informasi di internet atau bahkan mendatangi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan bidang profesi yang sesuai dengan minat dan jenis profesi yang anda idamkan. Jika anda tertarik menggeluti bidang IT tentu LSP Telematika menjadi pilihan anda, atau anda tertarik dalam bidang pariwisata anda bisa mendatangi LSP Pariwisata.

Jika anda masing bingung dan mencari-cari LSP yang sesuai dengan minat, maka anda dapat mencoba mengunjungi BNSP atau mengakses situsnya (https://bnsp.go.id/lsp), sampai saat ini Januari 2021 telah terdaftar 1.751 LSP pada website BNSP. Disana anda akan mendapatkan informasi mengenai daftar LSP-LSP yang telah diberikan lisensi, jenis bidang profesi termasuk alamatnya. Dengan demikian anda dapat mencari LSP terdekat dengan tempat atau kota anda atau yang sesuai dengan profesi yang anda minati.

Setelah mendapatkan LSP yang sesuai, maka Anda dapat mencari informasi mengenai skema sertifikasi kompetensi yang ditawarkan suatu LSP, daftar Tempat Uji Kompetensi (TUK) terdekat, standar kompetensi yang akan diujikan, biaya sertifikasi serta asesor kompetensi.   Hal-hal yang harus diperhatikan saat akan mengikuti sertifikasi profesi antara lain:

  1. Bidang profesi dan tingkatannya
  2. Kualifikasi yang meliputi persyaratan pendidikan, pengalaman, dan pelatihan
  3. Biaya sertifikasi profesi
  4. Daftar unit standar kompetensi yang harus dikuasai
  5. Tempat uji kompetensi

Informasi tersebut biasanya dapat disimak dalam Skema Sertifikasi Kompetensi dari suatu LSP.

Demikian sekilas informasi LSP, semoga bermanfaat.

Salam Kompeten!

Sumber referensi

 

Buku Strategi Sukses Uji Sertifikasi Kompetensi Kerja, Alexandra

Buku Competency Management. Palan, R. Ph.D.

Materi Webinar Seri MSDM Aplikatif – Apa & Bagaimana Sertifikasi Profesi SKKNI MSDM, Pembicara Dr. Margaretha Banowati Talim, M.Si, Tanggal 30 Oktober 2020

https://bnsp.go.id/lsp