© DA 2021 for Facilitator to Competent

Seorang site manajer yang telah malang melintang dalam dunia konstruksi dan bangun membangun, dapat membagi pengalamannya dalam urusan konsultasi konstruksi baik sipil maupun non sipil. Manajer ini tentu saja mungkin dapat membangun bangunan yang lebih baik, karena adanya pengalaman sebagai praktisi di lapangan dalam membangun sebuah bangunan konstruksi. Tentunya orang ini dapat lebih memahami seluk beluk pekerjaannya karena akan bertindak sebagai pelaksana sekaligus seorang perencana, dan pengawas. Keahliannya yang gabungan ini akan memberikan sudut pandang yang lain atau berfikir diluar kotak. Hal ini yang dapat dijualnya sebagai produk dalam menjalannya jasa konsultasinya.

Saat ini sebagai dampak pandemi Covid-19, pemberlakuan PSBB serta transisi “New Normal” menyebabkan bidang IT tumbuh dengan sangat cepat. Penerapan teknologi informasi dalam kehidupan manusia termasuk penerapan suatu sistem di perusahaan sangat banyak jenisnya. Contoh yang paling sederhana adalah dalam hal penerapan IT dalam data menyusun “data base”.

Termasuk juga penerapan IT dalam bidang keuangan, serta teknologi terapan lainnya. Jadi jika seseorang yang berkecimpung dalam dunia IT bukanlah sebatas hanya pada service PC atau laptop saja, namun sudah merambah ke sistem pembuatan suatu program aplikasi sampai penerapan keamanan IT.

Hampir semua perusahaan mempunyai bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang dikenal dengan bagian HRD dan GA. Jika anda seorang manajer atau seorang direktur dalam bidang SDM, tentu dapat berbagi pengalamannya dalam penerapan pengembangan SDM karyawan di perusahaan. Hal ini seperti teman saya, seorang Direktur HR yang aktif berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan menyelenggarakan Webinar manajemen HR selama masa pandemi Covid-19, selain menjadi konsultan bidang MSDM.

Bidang pengembangan SDM karyawan saat ini sangatlah luas meliputi pengembangan kompetensi karyawan dan pelatihan yang antara lain berupa penerapan competency based HRM, talent manajemen, competensy based on training sampai “Balance Score Card”.

Seorang manajer HRD dapat digolongkan sebagai seorang praktisi dalam penerapan konsep pengembangan SDM tersebut. Keberhasilan dan pengalamannya dalam menerapkan pengembangan SDM dapat dibagikan dalam bentuk memberikan jasa konsultansi. Jika setiap perusahaan mempunyai bagian HRD, tentu saja konsultan manajemen SDM akan mempunyai pasar yang berjumlah ribuan perusahaan di Indonesia.

Hal –hal tersebut diatas hanyalah sedikit contoh bagaimana seseorang dapat menjadi seorang konsultan. Memang tidak menutup kemungkinan adanya atribut pendidikan yang akan menambah nilai jualnya. Konsultan yang beranjak dari dunia praktisi ini selain mempunyai pengalaman dalam pekerjannya, tentu mempunyai relasi yang luas dengan pihak-pihak terkait pekerjaannya atau di luar itu.

Jadi, Andapun berpeluang menjadi seorang Konsultan!

 

Sumber referensi

Buku Meraup Rupiah Dari Bisnis Jasa Konsultan, Dandy A.

Buku Strategi Sukses Uji Sertifikasi Kompetensi Kerja, Dandy A.

Buku Pedoman Para Konsultan, Stephan Schiffman

Buku Menjadi Konsultan Pajak Kelas Dunia, Prijohandojo Kristanto

https://ekonomi.bisnis.com/read/20200422/45/1231163/banyak-konsultan-terancam-kolaps-inkindo-minta-keringanan-pajak